DOUBLE TAP

I HATE CIGARETTES !!!

blog ini saya buat karena kejadian yang saya alami kemarin

Makassar, 02 Maret 2010
ROKOK dan MEROKOK !!
suatu benda dan hal yang paling saya benci.

Tadi siang, sebelum saya berangkat kuliah saya menukar uang dengan tujuan untuk dibagi dua dengan kakak saya, kemudian dia menyuruhku untuk membelikannya sebungkus rokok SAJA.
 
Tadi pas pulang, dibecak saya melihat anak kecil laki-laki yang usianya mungkin sekitar 7 atau 8 tahun lah dengan badan yang sedikit kumel dan kecil berhasil ditangkap oleh mata yang besar ini, saya dapat jelas melihat dia menghisap batang rokok yang hampir habis kemudian membuangnya.


Sungguh dua kejadian yang menyedihkan menurut saya.
Kejadian pertama, saya tidak bisa banyak menuntut kepada kakak saya dalam hal merokok, walaupun dalam sejarah keluarga Bapak saya, semua saudaranya dilarang merokok, itu adalah larangan dari kakek saya. Bangga, jelas karena kakek saya masih mementingkan kesehatan baik untuknya dan keturunannya, namun yang namanya laki-laki pasti tidak bisa tahan untuk tidak mecoba merokok, dan sekali mencoba pasti akan ketagihan. 
Kejadian yang kedua lebih tragis, bayangkan anak kecil yang seharusnya makan makanan bergizi empat sehat lima sempurna, malah lebih menikmati sebatang rokok.
Menyedihkan bukan ??

Apa kah dibenak mereka merokok itu hal yg biasa ??
Apa kah dipikiran mereka tak ada rasa takut kehilangan nyawa hanya karena sebatang ROKOK ??
Apa kah mereka ingin menyianyiakan hidup mereka dengan sebatang silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah ??
Apa kah mereka akan terus bergantung dengan benda kecil itu ??

Mereka harus tahu dalam benda kecil itu banyak sekali kandungan zat kimia yang bisa membahayakan diri mereka sendiri, mungkin sekilas nampak merokok itu adalah sebagai pelepas penat atau malah penambah inspirasi namun tahukah kalian nyawa kalian lebih berharga ketimbang harus menghisap benda itu.

Menurut data yang saya dapat dari blog lain, Rokok itu mengandung kurang lebih 4000 elemen-elemen, dan setidaknya 200 diantaranya dinyatakan berbahaya bagi kesehatan. Racun utama pada rokok adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida.
  • Tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru.
  • Nikotin adalah zat adiktif yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah. Zat ini bersifat karsinogen, dan mampu memicu kanker par-paru yang mematikan.
  • Karbon monoksida adalah zat yang mengikat hemoglobin dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat oksigen. 
Selain itu Efek racun pada rokok ini membuat pengisap asap rokok mengalami resiko (dibanding yang tidak mengisap asap rokok):
  • 14x menderita kanker paru-paru, mulut, dan tenggorokan
  • 4x menderita kanker esophagus
  • 2x kanker kandung kemih
  • 2x serangan jantung
Walaupun dibungkus rokok yang biasa diproduksi ada pesan kesehatan yang memperingatkan perokok akan bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan dari merokok, misalnya kanker paru-paru atau serangan jantung, pada kenyataanya itu hanya tinggal hiasan, jarang sekali dipatuhi.


Tak dapat dipungkiri zaman sekarang wanita pun ikut terjerumus dalam benda kecil itu,
dan tentu saja akibatnya sama fatalnya yaitu wanita perokok memiliki resiko menjadi infertil (mandul) dan kemungkinan menupause lebih awal, bahkan sering terjadi akibat merokok wanita hamil di luar kandungan, sehingga bayi dengan berat badan rendah, bukan hanya itu wanita perokok juga sangat dimungkinkan untuk terserang kanker mulut mulut rahim, pendarahan tekanan darah tinggi, dan berisiko mendapatkan bayi lahir cacat (wartawarga.gunadarma.ac.id)

Lebih tragis bukan ??

So, PLEASE STOP SMOKING !!!
banyak kok cara agar terhidar dan menjauhi benda kecil itu, seperti :
1.  Pikirkan kalau yang anda bakar dan hisap adalah kesehatan anda.
2.  Pikirkan kalau yang anda bakar dan hisap adalah uang yang anda cari dengan susah payah.
3. Tekankan kalau rokok adalah sarang penyakit, yang bisa membunuh anda.
4. Gantilah mainan di tangan anda yang biasanya diisi oleh rokok dengan pulpen atau sejenisnya.
5.  Perbanyak minum air putih.

JANGAN SIA-SIAKAN HIDUPMU
HANYA DENGAN SEBATANG KECIL ROKOK !!
SMOKING CAN CAUSE A SLOW AND PAINFUL DEATH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar